Sabtu, 26 Oktober 2013

Pengertian Dan Jenis - Jenis Flip Flop

Cara Membuat Flip Flop

Gerbang Logika / Rangkaian Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari 1 sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan 1 sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Dikarenakan analisis gebang logika dilakukan dengan aljabara BOOLEAN maka gerbang logika sering juga disebut juga rangkaian logika. Rangkaian logika dalam sirkuit digital yang diimplementasikan secara elektronik dengan menggunakan dioda atau transistor.
Flip-Flop adalah sirkuit elektronik yang memiliki dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Sebuah flip-flop merupakan multivibrator-dwistabil. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. Flip-flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer, komunikasi dan tipe lain dari sistem.
Rangkaian flip flop berbentuk “HATI HATI” seperti di jalan, menggunakan rangkaian digital flip flop dengan bergantian menyalanya. Untuk membuat rangkaiannya, saya menggunakan gerbang NAND dengan inputan 2 dan clock sebagai pengatur waktunya, setiap input digabung dengan clock dan di sambungkan dengan gerbang NAND sebanyak 4 gerbang (NAND). Dan menyambungkan di 7 segment.

Komponen
         Interactive Input : berfungsi sebagai Inputan utama
         Clock : adalah gelombang kotak yang dikeluarkan oleh suatu rangkaian secara terus menerus
         Gerbang NAND : Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang NAND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin rendah (0) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).
         Gerbang AND : Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran.
         Gerbang NOT : Inverter (pembalik) merupakan  gerbang logika dengan  satu  sinyal  masukan  dan satu  sinyal  keluaran  dimana  sinyal  keluaran  selalu  berlawanan  dengan  keadaan sinyal masukan.
         LED : Adalah sebuah lampu yang berfungsi sebagai outputan
         7 Segment LED : adalah sebuah lampua yang terdiri dari 7 segment yaitu H1 – H7 dan berfungsi sebagai outputan
         Wiring Tool : Adalah kabel yang berfungsi menyambungkan aliran jalur dari input ke gerbang lalu output

Rangkaian
Rangkaian sebelum menyala adalah seperti ini

Dan dibawah ini adalah rangkaian sesudah menyala


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
Selamat datang di FreeSoftandGameMarket. Jika anda ingin mendownload file disini dan tidak tahu passwordnya ini passwordnya : Fernanda_X_Lalu. Terima kasih sudah berkunjung