Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program
aplikasi lembar
kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation
untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac
OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer
mikro hingga saat ini.
Sejarah Microsoft
Excel
Pada
tahun [1982], Microsoft membuat sebuah program, yang sangat populer dalam (sistem
operasi), tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya,
yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai
pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder,
"do everything 1-2-3 does and do
it better” melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik
lagi".
Versi
pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar
program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih
berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam
pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft
sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk
komputer pribadi yang handal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai
kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih
baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi
Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir
adalah Microsoft Office Excel 2013, sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi
terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada
awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua
rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal
ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang
sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan
membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan
untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh
program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa
gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel
hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office
Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung
format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika
dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Menu,
Submenu dan Fungsinya, Fitur Yang Khas Dari Microsoft Excel
- Name Box : untuk
mengetahui nama cell yang sedang dipilih
- Formula Bar : untuk mengedit / memasukkan tulisan dan rumus
- Worksheet : untuk mengetik menjadi lembar kerja Microsoft Excel
- Column
- Row
- Cell : Perpotongan dari column dan row
- Range : Adalah kumpulan dari Cell
- Sub Menu Styles : Untuk memvariasi sell
- Sub Menu Cells : Untuk menambahkan, menghapus kolom atau baris
- Sub Menu Chart : Untuk membuat grafik
- Sub Menu Function Library : Untuk memasukkan rumus yang berada di Microsoft Excel
Mungkin
itu fitur yang berbeda dengan Microsoft Word (Khusus dari Microsoft Excel) dan
sekarang setelah mengenal Pengertian, Sejarah, dan Fitur yang ada pada
Microsoft Excel sekarang untuk mengenal fungsi atau rumus yang ada di Microsoft
Excel.
Fungsi / Rumus Microsoft Excel
1.
Sum : untuk menjumlahkan data dalam
suatu range
=SUM(A1:F1)
=SUM(A1:F1)
2.
Average : untuk mencari rata-rata dalam
suatu range
=AVERAGE(A1:F1)
=AVERAGE(A1:F1)
3.
Min : untuk mencari nilai terkecil
dalam suatu range
=MIN(A1:F1)
=MIN(A1:F1)
4.
Max : untuk mencari nilai terbesar
dalam suatu range
=MAX(A1:F1)
=MAX(A1:F1)
5.
Count : untuk menghitung jumlah data
dalam suatu range
=COUNT(Value1,Value2…)
=COUNT(Value1,Value2…)
6.
Counta : untuk menghitung jumlah data
dalam suatu Range
=COUNTA(Value1,Value2…)
=COUNTA(Value1,Value2…)
7.
Count Blank : untuk menghitung nilai
kosong dalam suatu range
=COUNTBLANK (Value1,Value2…)
=COUNTBLANK (Value1,Value2…)
8.
Count IF : untuk menghitung jumlah data
yang sesuai dengan criteria tertentu pada suatu kelompok data
=COUNTIF(range,criteria)
=COUNTIF(range,criteria)
9.
Left : untuk mengambil karakter pada
bagian sebelah kiri dari suatu teks
=LEFT(text,num_chars)
=LEFT(text,num_chars)
10. Right : untuk mengambil karakter pada bagian
sebelah kanan dari suatu teks
=RIGHT(text,num_chars)
=RIGHT(text,num_chars)
11. Mid : untuk mengambil karakter pada bagian
tengah dari suatu teks
=MID(text,start_num,num_chars)
=MID(text,start_num,num_chars)
12. Large : untuk menghitung nilai terbesar ke-n
dari sekelompok data
=LARGE(array,criteria)
=LARGE(array,criteria)
13. Small : untuk menghitung nilai terkecil ke-n
dari sekelompok data
=SMALL(array,criteria)
=SMALL(array,criteria)
14. Rank : untuk menentukan ranking dari
sekelompok data
=RANK(number,ref,order)
=RANK(number,ref,order)
15. HLookup : untuk membaca suatu table secara
horizontal
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
16. VLookup : untuk membaca Suatu table secara
Vertical
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
17. Fungsi IF : untuk menentukan suatu tes logika
untuk dikerjakan dan mempunyai bentuk
=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
18. Fungsi And : untuk memberikan nilai true jika
ekspresi yang digabung bernilai true
=AND(logical1,logical2,…)
=AND(logical1,logical2,…)
19. Fungsi OR : untuk memberikan nilai true jika salah
satu ekspresi yang digabung bernilai true
=OR(logical1,logical2,…)
=OR(logical1,logical2,…)
20. Fungsi Not = untuk memberikan nilai true jika
nilai yang diberikan logika adalah false
=NOT(logical)
=NOT(logical)
Setelah
mengetahui rumus dasar sekarang saatnya untuk cara membuat Macro beserta cara
menyimpan dan mempraktekkannya.
0 komentar:
Posting Komentar